Cari Tau 5 Tips Mengatasi Kulkas Tidak Dingin di Rumah Anda

Hampir setiap rumah memiliki kulkas untuk menyimpan makanan lebih tahan lama di era modern. Sebagai alat elektronik yang memiliki peranan penting, kulkas tidak dingin bisa memicu masalah tersendiri. Supaya kulkas Anda kembali berfungsi normal, maka coba saja menerapkan beberapa tips ampuh ini.

Mengatasi kulkas tidak dingin yang wajib Anda coba

Mengatasi kulkas tidak dingin bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa harus memanggil jasa teknisi antara lain :

1. Membersihkan bunga es

Bisa saja penyebab kulkas Anda tidak lagi dingin karena terlalu banyak kembang es. Bersihkan kembang es di dalam kulkas agar sirkulasi udara di dalam kipas kembali berfungsi dengan baik.

2. Mengecek freon kulkas

Freon kulkas bocor atau habis bisa menjadi alasan kenapa kulkas di rumah Anda tidak dingin. Cek bagian belakang kulkas yang berdekatan dengan grill yang terasa panas saat disentuh. Jika freon kulkas habis, segera lakukan pengisian ulang atau mungkin freon mengalami kebocoran yang perlu diperbaiki dengan lem khusus.

3. Jangan meletakkan makanan panas di dalam kulkas

Hal ini bisa menyebabkan suhu kulkas kalah dengan temperatur makanan panas yang baru saja Anda masukkan. Kebiasaan ini bisa mengakibatkan suhu dalam kulkas tidak normal lagi. Selain itu, meletakkan berbagai benda yang memiliki suhu panas di sekitar kulkas bisa mempengaruhi suhu dingin media penyimpanan Anda seperti oven, kompor listrik dan sebagainya.

4. Memastikan tidak membuka atau menutup pintu kulkas terus menerus

Pastikan Anda membuka atau menutup kulkas seperlunya saja. Jangan biarkan kebiasaan membuka atau menutup kulkas sembarangan yang berimbas pada kerusakan karet pintu. Akibatnya suhu di dalam kulkas mengalami masalah sehingga tidak dingin seperti semula.

Bisa saja kulkas Anda memang telah melewati masa pemakaian yang lama dan komponen di dalam kulkas mengalami kerusakan. Kerusakan komponen bisa jadi penyebab kulkas tidak dingin sehingga Anda perlu memanggil jasa teknisi untuk memperbaiki atau mengganti komponen yang alami masalah tersebut. Kalau pemakaian kulkas sesuai dengan aturan, maka Anda bisa memiliki kulkas yang dingin meskipun digunakan dalam waktu bertahun-tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *