Contoh Surat Sakit untuk Sekolah dan Cara Membuatnya
Ketika Anda mengalami sakit dan tidak memungkinkan masuk sekolah maka Anda harus membuat surat izin sakit. Selain sebagai bukti ketaatan aturan, juga agar nilai

Ketika Anda mengalami sakit dan tidak memungkinkan masuk sekolah maka Anda harus membuat surat izin sakit. Selain sebagai bukti ketaatan aturan, juga agar nilai Anda tidak berkurang di mata wali kelas Anda. Namun, apa Anda sudah tahu contoh surat sakit untuk sekolah yang baik dan benar? Sebelum itu ketahui cara membuatnya terlebih dahulu.

Surat izin masuk sekolah (sakit) termasuk kedalam jenis surat resmi. Maka dari itu, penulisannya harus baik dan tidak bisa sembarangan. Meskipun sebenarnya surat izin sakit sekolah ini tidak termasuk format bakunya.

Hal terpenting yang harus diperhatikan saat membuat surat izin adalah bahasa yang digunakan serta informasi yang jelas. Gaya bahasa penulisan serta detail isi jadi bagian penting dalam penulisan surat izin sakit sekolah. Adapun format penulisannya secara umum yang baik dan benar adalah sebagai berikut:

Tanggal Surat

Format tanggal surat adalah waktu dari penulisan surat atau tanggal pada saat siswa yang membuat surat meminta izin untuk tidak masuk. Tanggal surat ini ditulis pada bagian pojok kanan atas surat izin masuk sekolah.

Tanggal surat ini penting dicantumkan agar pihak sekolah dan wali kelas tahu kapan siswa tersebut tidak masuk sekolah. Format tanggal surat ini pada umumnya adalah tanggal-bulan tahun, contoh 27-Oktober-2020.

Tujuan Surat

Tujuan surat adalah alamat atau nama penerima surat. Cara membuat surat izin sakit sekolah pada bagian tujuannya harus ditujukan kepada pihak wali kelas yang bertanggung jawab penuh atas siswa di kelas tersebut.

Cara penulisan tujuan surat izin ini diawali dengan kata hormat terlebih dahulu. Contoh penulisannya yang paling benar adalah dengan menulis Kepada Yth. Wali kelas 9A SMPN 2 JAKARTA.

Salam Pembuka

Selain tujuan surat, format dari surat izin surat sakit selanjutnya yang wajib ada dalam surat izin yakni salam pembuka. Salam pembuka adalah sebuah rasa hormat kepada pembuka surat izin. Salam pembuka ini harus menggunakan bahasa baku dan resmi. Contoh penulisan salam pembuka paling umum adalah “Dengan hormat”.

Data Siswa dan Wali Murid

Dalam surat izin sakit sekolah ini harus ada data siswa dan wali murid dari pembuat surat. Karena ini termasuk bagian penting dalam sebuah surat izin karena akan menunjukkan siapa yang membuat suratnya dan siapa pula siswa yang meminta izinnya. Penulisannya terlebih dahulu dengan atas nama orang tua, lalu tulis lagi dengan nama siswa dan data kelas siswa nya.

Isi Surat

Isi surat izin ini adalah berupa keterangan dan alasan kenapa siswa bersangkutan atau Anda tidak masuk sekolah. Alasan dan keterangan sakit ini menyertakan tanggal siswa tersebut tidak masuk sekolah berdasarkan surat keterangan dari dokter.

Penutup Surat

Setelah isi surat, format selanjutnya yang juga harus ada dalam surat izin sakit adalah penutup surat. Dalam penutup surat akan terdapat permohonan izin dan berterima kasih atas maklumnya dari ketidakhadiran siswa bersangkutan yang tidak masuk sekolah.

Salam penutup

Bagian terakhir dari surat izin sakit ini yaitu salam penutup yang akan menyertakan tanda tangan dan nama orang tua yang membuat surat izin masuk sekolah. Berikut ini kami akan memberikan contoh surat sakit untuk sekolah.

Jakarta, 26 Oktober 2020

Yth.

Wali Kelas 9A SMPN 2 Jakarta

Jl. Mardani Raya No.1, RT.1/RW.5, Johar Baru, Kec. Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10560

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini saya:

Nama : Solihin

Kelas : 9A

Alamat : Jalan Pasar Senen

Melalui surat ini menyampaikan permohonan maaf kepada bapak/ibu wali kelas bahwa pada hari ini saya tidak bisa berhadir ke sekolah untuk mengikuti pelajaran sebagaimana mestinya dikarenakan sakit.

Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

(Solihin)

Nah, itulah contoh surat sakit untuk sekolah dan cara membuatnya yang bisa Anda terapkan. Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi dalam menulis surat sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *